Tinggalkan komentar

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

makanan sehat untuk penderita diabetesMakanan sehat untuk penderita diabetes sanagatlah dibutuhkan,agar kondisi tetap stabil dan sehat, penderita penyakit gula harus menjaga diet khusus. Ada beberapa makanan terbaik untuk penderita diabetes, yaitu termasuk dark chocolate, buah alpukat, berbagai jenis ikan,  bayam, tomat, bawang merah, brokoli, putih telur, kacang, buah, oatmeal, dan masih banyak lagi. Secara umum, makanan-makanan ini akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, menghambat penyerapan karbohidrat, mencegah penyakit jantung yang membahayakan diabetes, memperkuat daya tahan tubuh,dll.

Berikut Beberapa  Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

  • Oatmeal

    Oatmeal banyak mengandung serat larut, yang membantu mengurangi rasa lapar. Sementara itu juga mencegah penyerapan karbohidrat, sehingga menjaga kadar gula darah stabil. Selain itu, oatmeal juga menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi, yang diketahui membahayakan bagi penderita diabetes.

  • Tomat

    Tomat kaya akan karotenoid dan flavonoid, yang bekerja sebagai agen anti inflamasi dan antioksidan, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kronis, kondisi jantung, kolesterol, dan hal lain yang seringkali bisa menyebabkan diabetes. Tomat juga merupakan sayuran yang tidak mengandung tepung, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Yogurt tanpa lemak

    Yogurt bebas lemak telah terbukti membantu bagi penderita diabetes. Karena makanan ini tinggi protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat, sehingga dengan demikian tubuh tidak banyak menyerap glukosa. Sementara itu kandungan kalsium yoghurt juga telah terbukti jenis yang lebih rendah risiko untuk diabetes tipe 2.

  • Bayam

    Sebenarnya tidak hanya bayam, semua jenis sayuran termasuk kale, selada, dan brokoli baik bagi penderita diabetes. Sifat sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, serta mengandung antioksidan yang tinggi, membuatnya ideal untuk mengatasi penyakit kronis. Sebuah studi melaporkan terjadi penurunan resiko diabetes tipe 2 sebesar 14 persen ketika sayuran berdaun hijau dijadikan sebagai bagian dari diet rutin seseorang.

  • Dark Chocolate

    Dark chocolate mengandung antioksidan kuat yang bernama flavonoid serta  antioksidan lain bisa mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kebiasaan makan permen, serta bisa menurunkan resiko masalah jantung dan masalah tekanan darah.

  • Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi, yang sangat penting untuk mengelola penyerapan glukosa. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa kacang-kacangan juga bisa menurunkan risiko stroke dan mengatur pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga pendorong utama bagi diabetes.

  • Almond

    Kacang pohon ini merupakan sumber terbesar magnesium dan lemak monounsaturated, yang penting untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa diet yang tinggi magnesium, yang termasuk almond, membantu menurunkan kesempatan mengembangkan diabetes tipe 2 sebesar lebih dari 30%.

  • Minyak zaitun

    Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengganti mentega atau lemak babi dengan minyak zaitun, bisa mengurangi kesempatan mengembangkan penyakit diabetes lebih dari 50%. Masih ditambah lagi dengan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bisa mengurangi penyakit jantung dan kolesterol tinggi –  penderita diabetes cenderung bermasalah dengan kondisi tersebut

  • Ubi jalar

    Dibandingkan dengan kentang, ubi jalar telah menunjukkan bisa mengurangi kadar A1C hingga 0,5%, sedangkan anthocyanin dan antioksidan dalam ubi jalar akan membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan kanker – yang merupakan resiko tinggi bagi penderita diabetes.

  • Ikan

    Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan seperti salmon, mackerel, dan ikan haring, diketahui mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, serta bisa membantu bagi yang sudah menderita diabetes. Kombinasi yang sehat antara protein dan asam lemak omega 3 pada ikan benar-benar memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

  • Blueberry

    Bluberry diakui karena kaya akan antioksidan. Menurut penelitian, Anthocyanin dalam buah ini secara signifikan bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 lebih dari 20%.

  • Bawang putih

    Meskipun masih belum jelas manfaatnya secara langsung terhadap diabetes, namun bawang putih diketahui bisa mengurangi kolesterol darah, mencegah kemungkinan pembekuan darah, mengurangi risiko stroke, dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya ini berhubungan dengan komplikasi atau indikasi risiko diabetes.

  • Bawang Merah

    Bawang merah mengandung banyak zat antioksidan seperti quercetin, capsaicin, dan flavonoid, sehingga membuatnya menjadi makanan anti-kanker. Selain itu juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi kemungkinan penyakit kronis seperti diabetes.

  • Putih telur

    Putih telur adalah makanan yang sehat, mengandung protein dan sangat rendah karbohidrat. Hal ini berarti tidak akan mempengaruhi kadar gula darah, bahkan membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Sekian yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dan jangan lupa simak lagi informasi terupdate  hanya di Obat Diabetes Basah Alami Yang Aman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: